Jumat, 05 November 2010

SUSAH MAKAN PADA ANAK BALITA,PENYEBAB DAN SOLUSINYA

Anak anda susah makan?Jangan panik tetapi juga anggap itu biasa biasa saja,oke!
Bayi yang baru lahir hingga usia 6 bulan biasanya jarang menemui masalah dalam hal makan.Bayi seusia itu memang cukup meminum ASI dari ibunya,sekehendak dia,kapan dan dimana saja.Kebutuhan Gizi Bayi usia 0-6 bulan tercukupi oleh ASI saja,Kecuali ada situasi tertentu yang menimpa Ibu atau bayinya sehingga ASI tidak memungkinkan untuk diberikan.
Setelah 6 bulan,Bayi kita mulai mengenal makanan dari luar selain ASI.Masalah Makan timbul pada Balita biasanya dari umur 10 bulan keatas.Terlebih lagi bila anak balita sudah bisa berjalan dan berinteraksi dengan dunia luar.
Beberapa masalah anak susah makan bisa anda baca sebab sebabnya dibawah ini:
  • Anak sedang sakit,tidak perlu dibahas lebih lanjut karena orang dewasa pun bila sedang sakit keinginan untuk makan berkurang.
  • Pemaksaan Makan pada anak,Bila anak susah makan,ada beberapa Ibu memaksakan kehendaknya secara berlebihan pada balitanya.Mulut anak yang terkatup dipaksa paksa agar terbuka.Anak sudah nangis pun terus dipaksa agar makanan masuk dalam perutnya.Kondisi ini tentu saja mempengaruhi kondisi Psikis anak.Ada Trauma dlm diri anak bila melihat Ibu menyodorkan"Sendok" pd mulutnya.
  • Anak lebih suka Jajan daripada Makan.Apalgi bila orang tua tidak membiasakan dari awal untuk terlebih dulu memberi makan pada anak sebelum anak diberi kesempatan untuk jajan.
  • Anak kekurangan Vitamin.Karena asupan makanan kurang,otomatis pemenuhan gizi anak juga kurang,terlebih lagi pemenuhan vitaminnya. Banyak Balita yang sesudah diberikan Multivitamin yang nafsu makannya kembali pulih.
  • Mungkin Anak punya penyakit menahun seperti Bronkhitis dan TBC dan ada Infeksi cacing dalam tubuhnya.Kebanyakan Balita yang mengalami Kurang Gizi,terlebih lagi Gizi buruk,setelah diperiksa Laboratorium dan Rontgen ternyata positif menderita penyakit infeksi(TBC).Setelah diberikan pengobatan,Nafsu makan anak bagus kembali.Setelah anak diberi obat Cacing,sering juga Anak pulih nafsu makannya.
Anak anda tidak nafsu makan,kaji dan telaah dr beberapa masalah yang saya sajikan diatas. mungkin ada yang dialami oleh anak anda...

Tidak ada komentar: