Jumat, 10 Desember 2010

OBAT SAKIT GIGI

Sakit Gigi banyak macamnya.Ada Caries,Ginggivitis,Pulpitis,abses gigi dll.Kalau Caries relatif jarang menimbulkan rasa sakit atau ngilu pada gigi.Pada Pokoknya sebelum berangkat dan diperiksa ke Dokter Gigi,bila ada tidak tahan dengan Rasa sakit dan ngilu pada Gigi anda,untuk sementara anda bisa mencoba dengan obat obatan yang ada di sekitar anda atau anda bisa beli ke apotek.Gigi yang sakit biasanya karena ada pembengkakan disekitar Gigi dan terdapat lubang di tengah tengah gigi yang memungkinkan makanan masuk dalam lubang itu dan lama kelamaan membusuk dalam lubang itu dan menjadi media pertumbuhan bakteri.
Anda kenal dengan nama obat "Ponstan"?Pasti,hampir semua yang pernah sakit gigi pernah mencoba obat itu.Ponstan disamping menghilangkan rasa sakit juga mengurangi efek pembengkakan/inflamasi pada gigi yang sakit.Ponstan adalah nama merk dagang.Nama Generiknya adalah Asam Mefenamat/Mefenamic Acid.Ada merk lain selain Ponstan yang sejenis seperti Anastan,Bimastan,camistan(yg berakhiran Stan stan pokoknya deh !),Fenamin,Mefinal,dll.
Selain meminum obat Penghilang rasa sakit dan inflamsi pd Gigi.ada baiknya juga dibarengi dengan minum antibiotik seperti Amoxicilin,Tetra atau Ciprofloxacin atau Lincomycin.Berikut Setelan obat Sakit Gigi:
1. Paracetamol + Amoksilin : Aman untuk penderita sakit gigi krn tidak menyebabkan sakit mag setelah meminumnya.
2.Asam Mefenamat/Ponstan/Fenamin + Amoksilin/Cipro/Tetra .cepat menghilangkan sakit gigi tetapi kalau punya penyakit magh bisa gawat.Sakit Giginya hilang tapi penyakit maghnya kambuh.
3.Natrium/Kalium Diclofenac(Cataflam) + Amoksilin/Cipro/tetra sama dgn point no 2.
Untuk mensiasati agar tidak terkena sakit mag setelah minum obat sakit Gigi.bisa juga anda menambahkan obat sakit Mag seperti Antasid(Waisan,Promag,Stomagel,dll) atau Cimetidine/Ranitidine
Rumusnya adalah :
Obat Penghilang Rasa Sakit(mefinal,Cataflam) + Antibiotik + obat Mag.
Silahkan mencoba. Bila sakit berlanjut,hubungi dokter ! atau bila sudah tidak sakit lagi ada baiknya diperiksakan ke dokter Gigi,siapa tahu gigi anda perlu ditambal atau dicabut....

Tidak ada komentar: